Sabtu, 27 November 2010

Memahami Panduan Keselamatan Kerja



Memahami Panduan Keselamatan Kerja



Untuk menciptakan lingkungan kerja yang benar-benar aman adalah hal yang sulit. Namun untuk mengurangi resiko terjadinya kecelakaan dalam bekerja adalah hal yang mungkin dilakukan. Penerapan panduan keselamatan kerja disuatu lingkungan pekerjaan merupakan cara yang paling baik untuk menciptakan lingkungan kerja yang lebih aman dan kondusif. Untuk itulah diperlukan kesadaran dari seluruh karyawan dalam menerapkan panduan tersebut.
Isi Panduan Keselamatan Kerja
Isi panduan keselamatan kerja setiap perusa
haan tentu berbeda satu sama lain. Namun pada dasarnya, ada beberapa poin penting yang tercakup dalam berbagai panduan tersebut. Secara umum, dalam panduan keselamatan kerja akan memuat beberapa hal sebagai berikut:
1.  Pencegahan Terjadinya Kecelakaan Kerja.
Dalam setiap panduan keselamatan kerja, harus memuat informasi tentang detail pekerjaan yang akan dilakukan dan resiko kecelakaan yang mungkin terjadi. Dijelaskan apa saja hal yang harus dilakukan untuk mencegah terjadinya kecelakaan.
Setiap karyawan baru yang akan bekerja di suatu perusahaan harus dijelaskan tentang hal ini sejelas-jelasnya. Karyawan harus dijelaskan tentang bahaya yang dapat terjadi di tempatnya bekerja, berbagai alat pengamanan yang harus digunakan dan cara melaksanakan pekerjaan yang aman.
2.  Panduan Saat Terjadi Kebakaran.
Dalam panduan keselamatan kerja, harus memuat pula informasi tentang kebakaran ini. Harus dijelaskan secara detail apa saja yang harus dilakukan saat terjadinya kebakaran. Dengan membaca panduan ini, setiap karyawan tahu cara untuk mencegah terjadinya kebakaran, cara memadamkan api dan cara untuk menyelamatkan diri saat terjadinya kebakaran.
3.  Pengamanan Bagi Pekerja.
Setiap pekerjaan yang mengandung resiko cukup besar, wajib menggunakan berbagai alat pengaman. Pada panduan keselamatan kerja, hal ini dijelaskan pula secara lengkap. Karyawan wajib menerapkan aturan-aturan ini secara disiplin untuk menghindari terjadinya kecelakaan kerja saat bertugas.
4.  Pencegahan Penyakit Akibat Kerja.
Ada pula pekerjaan yang bersinggungan langsung dengan berbagai zat-zat berbahaya. Dalam panduan keselamatan kerja, penyebaran zat-zat berbahaya ini juga diatur secara jelas. Panduan ini akan menghindari timbulnya penyakit yang diakibatkan zat-zat ini dan juga mencegah penyebarluasan zat-zat ini.
Panduan keselamatan kerja tentu dibuat dengan maksud yang baik yaitu melindungi para pekerja. Ada aturan pemerintah yang terkait dengan keselamatan kerja. Setiap perusahaan wajib melaksanakan aturan ini dengan sebaik-baiknya demi menjamin keselamatan pegawainya.

0 komentar:

Posting Komentar